• Call Us +62 21 5790 3535
Grand Launching Program Proteksi Dokter Indonesia

Grand Launching Program Proteksi Dokter Indonesia

IDI bersama Asuransi Asei dan Jiwasraya luncurkan Program Proteksi Dokter

JAKARTA – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bersama Asuransi Asei dan Jiwasraya meluncurkan Program Proteksi Dokter Indonesia. Program ini memberikan proteksi atas risiko malpraktek atau kelalaian dengan nilai yang tidak hilang ditambah dengan perolehan manfaat lainnya.

Peluncuran dilaksanakan di Jakarta oleh Ketua Umum Pengurus Besar IDI dr. Zaenal Abidin, Direktur Pengembangan PT Asuransi Asei Indonesia Badruz Zaman, dan Dirketur Keuangan  PT Asuransi Jiwasraya Hary Prasetyo, di Jakarta, Kamis. 27 Agustus 2015.

Dokter merupakan profesi yang mulia yang keberadaannya dibutuhkan masyarakat Indonesia. Dokter melayani kesehatan semua lapisan masyarakat, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Bila berhasil menangani dan sukses melayani pasiennya dokter akan mendapat apresiasi. Namun, tidak dipungkiri dokter juga memiliki risiko, yakni gagal yang dapat berujung pada kematian, meski ini sangat tidak diharapkan.

Seringkali kegagalan tersebut yang tidak diterima pasien atau keluarganya, sehingga beban risiko yang ditanggung dokter sangat besar. Salah satu indikatornya adalah meningkatnya laporan dugaan malpraktek baik yang disampaikan langsung masyrakat, media, maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM). Kondisi ini dapat meningkatkan risiko defense medicine di dunia kedokteran.

Para dokter membutuhkan perlindungan profesi dari induk organisasinya, yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Salah satu kewajiban IDI adalah melindungi profesionalitas dokter dan mencegah terjadinya defense medicine.

Untuk itu, IDI bersama Asuransi Asei dan Jiwasraya merancang program bersama Proteksi Dokter Indonesia. Program ini selain memberikan perlindungan proteksi bagi dokter bila mengalami malpraktik, untuk untuk menekan biaya asuransi proteksi profesi yang selama ini dikenal berbiaya mahal dan cenderung tidak dapat diperoleh kembali.

Program Proteksi Asuransi Asei dan Jiwasraya memberikan perlindungan profesi atas risik malpraktek atau kelalaian dengan nilai yang tidak hilang. Disamping itu, para dokter juga akan memberikan manfaat lainnya.

Keunggulan Program Proteksi Dokter Indonesia memberikan tiga manfaat: malpraktek, meninggal dunia, dan nilai tunai. Disamping itu, dokter juga dapat melakukan konsultansi mekolegal, pendampingan hukum, dan penyelesaian kasus yang dapat diselesaikan secara mediasi atau putusan tim pelaksana mediasi. Program tersebut dapat diikuti dokter umum dan dokter spesialis.