Newsroom

  1. Home

  2. Newsroom

Informasi Ekspor
Asuransi Asei Luncurkan Produk Asuransi Risiko Siber,Dorong Ketahanan Digital Nasional

Asuransi Asei Luncurkan Produk Asuransi Risiko Siber,Dorong Ketahanan Digital Nasional

Jakarta, 8 Juli 2025 – PT Asuransi Asei Indonesia (Asuransi Asei) resmi meluncurkan produk Asuransi Risiko Siber dalam rangkaian acara Talkshow Ketahanan Digital dengan tema "Membangun Ketahanan Digital: Inovasi Asuransi untuk Keamanan Siber", yang diselenggarakan secara hybrid dari Kantor Pusat Asuransi Asei Gedung Menara KADIN Indonesia, Jakarta. Acara ini diawali dengan prosesi peluncuran resmi produk Asuransi Risiko Siber Asuransi Asei, yang dirancang untuk memberikan perlindungan terhadap berbagai bentuk serangan siber, mulai dari kebocoran data, serangan ransomware, hingga gangguan operasional digital yang berdampak signifikan bagi keberlangsungan operasional para pelaku usaha maupun institusi lainnya. Untuk memperkuat peran Asuransi Asei dalam memberikan layanan Asuransi Risiko Siber, Asuransi Asei menggandeng PT Sentra Proteksi Data Teknologi Indonesia (Privasimu) dalam menyediakan solusi perlindungan digital yang terintegrasi, kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MOU yang dilakukan oleh Direktur Utama Asuransi Asei dengan CEO Privasimu. Peluncuran produk Asuransi Risiko Siber dan penandatanganan MOU ini disaksikan langsung oleh Dirjen Pengawasan Digital, Kementerian Komunikasi dan Digital RI dan juga disaksikan oleh Koordinator Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital Sektor Keuangan – BSSN. Selanjutya dalam rangka meningkatkan literasi terhadap risiko siber, Asuransi Asei menghadirkan tokoh-tokoh penting dari institusi pemerintah, industri asuransi, dan pelaku usaha digital pada sesi Talkshow Ketahanan Digital antara lain Dirjen Pengawasan Digital, Kementerian Komunikasi dan Digital RI Bapak Alexander Sabar, Koordinator Perlindungan Infrastruktur Informasi Vital Sektor Keuangan – BSSN Bapak Baderi, IT Division Head IndonesiaRe Bapak Allan Prakosa, Direktur Utama JBBoda Indonesia Bapak Ricky S. Natapradja, CEO Privasimu Bapak Awaludin Marwan, Chairman Findanet Bapak Yosea Iskandar, dan Wakil Ketua Komite Tetap Bidang AI dan PDP Kadin Bapak Eryk Budi Pratama. Direktur Utama Asuransi Asei Bapak Achmad Sudiyar Dalimunthe menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan transformasi digital yang terus banyak dilakukan oleh berbagai institusi dan juga para pelaku usaha, dimana hal ini tentunya telah mengubah cara beroperasi yang syarat dengan digitalisasi. Akan tetapi hal ini juga memunculkan risiko baru berupa serangan siber yang makin canggih dan menyasar berbagai sektor. Asuransi risiko siber bukan hanya soal menutup kerugian finansial, tetapi juga membantu proses pemulihan sistem, investigasi forensik, perlindungan hukum, hingga manajemen krisis reputasi. Mari kita wujudkan dunia usaha dan seluruh institusi di Indonesia yang tangguh secara digital, siap menghadapi tantangan zaman, dan mampu tumbuh dengan aman secara berkelanjutan.

Selengkapnya

> 2,559 08 Jul 2025
KADIN ITH Exporter Meet Up: Market Global Expansion

KADIN ITH Exporter Meet Up: Market Global Expansion

Antusiasme luar biasa terlihat dalam KADIN ITH Exporter Meet Up: Market Global Expansion yang digelar di Novotel Semarang pada 28 Mei 2025!Acara ini dihadiri oleh ratusan eksportir dan pelaku usaha dari Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sekitarnya, yang antusias menyerap insight berharga seputar ekspansi pasar global langsung dari para pakar dan praktisi ekspor.Salah satu area paling ramai adalah booth Asuransi Asei, yang menjadi magnet bagi para eksportir yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai perlindungan transaksi ekspor, asuransi kredit ekspor, hingga solusi mitigasi risiko ekspor. Terima kasih atas kepercayaan dan partisipasi aktifnya! Hadir juga perwakilan dari Kementerian Perdagangan RI, Alibaba.com, BNI, dan mitra lainnya yang berbagi wawasan penting untuk memperkuat daya saing produk Indonesia di pasar global.

Selengkapnya

> 2,536 28 Mei 2025
Asuransi Asei Indonesia Dorong UMKM Berani Ekspor, Siap Berikan Perlindungan Menuju Pasar Global

Asuransi Asei Indonesia Dorong UMKM Berani Ekspor, Siap Berikan Perlindungan Menuju Pasar Global

Jakarta, 8 Mei 2025 – PT Asuransi Asei Indonesia (Asei) menegaskan komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui fasilitasi ekspor, khususnya bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Komitmen ini disampaikan dalam sebuah podcast interaktif bertajuk “KABAR DUNIA – Tarif Amerika Serikat & Peluang Ekspor: Peran Strategis Diplomasi Ekonomi” yang diselenggarakan oleh Asuransi Asei Indonesia. Acara yang dimoderatori oleh Ibu Mutia Safitri dari Asuransi Asei Indonesia ini menghadirkan narasumber utama Bapak Kumara Jati dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, yang mengulas secara mendalam kebijakan tarif resiprokal Amerika Serikat dan implikasinya terhadap kegiatan ekspor Indonesia. Turut hadir pula Bapak Steven Wangsa dari Alibaba.com yang membagikan strategi efektif dalam menjangkau pembeli global melalui platform digital. Dalam sambutannya, Direktur Utama PT Asuransi Asei Indonesia, Bapak Achmad Sudiyar Dalimunthe, menyampaikan pentingnya peran Asuransi Asei sebagai katalisator bagi para eksportir. “Asuransi Asei siap menjadi mitra strategis bagi UMKM dan pelaku usaha lainnya untuk berani merambah pasar ekspor. Kami memahami tantangan yang dihadapi, dan melalui produk Asuransi Kredit Ekspor, kami memberikan rasa aman dan ketenangan dalam bertransaksi, sekaligus mendukung diversifikasi pasar ke negara-negara nontradisional,” ujar Bapak Ahmad. Bapak Kumara Jati dari Kementerian Perdagangan menggarisbawahi bahwa Amerika Serikat tetap merupakan pasar ekspor yang sangat menjanjikan. Beliau memaparkan delapan strategi utama Kementerian Perdagangan untuk peningkatan ekspor, meliputi pengamanan pasar ekspor utama seperti AS, pengembangan pasar-pasar baru, serta peningkatan daya saing produk ekspor agar tidak lagi hanya bergantung pada bahan mentah. Diskusi juga mencakup alur perdagangan internasional yang sistematis untuk meminimalisir sengketa. Sebagai penutup, Ibu Mutia Safitri merangkum bahwa meskipun ada regulasi tarif, pasar Amerika Serikat masih sangat potensial. “Ini adalah tantangan sekaligus peluang bagi eksportir Indonesia untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mempertahankan serta memperluas pangsa pasar,” jelasnya. Kolaborasi antara Kementerian Perdagangan melalui ITPC LA dan Alibaba.com juga ditegaskan sebagai bentuk dukungan nyata bagi eksportir Indonesia untuk menembus pasar global.

Selengkapnya

> 2,539 08 Mei 2025
Asei Raih Penghargaan The Best Digital Corporate Brand Tahun 2025

Asei Raih Penghargaan The Best Digital Corporate Brand Tahun 2025

Asei kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan The Best Digital Corporate Brand Tahun 2025 kategori perusahaan Asuransi Umum dengan Premi Bruto Rp250 Miliar s.d <Rp500 Miliar pada 14th Infobank-Isentia Digital Brand Appreciation 2025.Penghargaan ini diberikan atas pencapaian Asei dalam membangun citra positif perusahaan melalui saluran digital, khususnya dalam pengelolaan media sosial berdasarkan penilaian dan respons publik yang sangat baik.Keberhasilan Asei dalam meraih penghargaan ini tidak terlepas dari komitmennya untuk terus berinovasi dan mengoptimalkan saluran digital melalui media sosial sebagai sarana promosi, publikasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat.

Selengkapnya

> 2,524 21 Mar 2025
Export Credit Forum

Export Credit Forum

Paris, 19 Maret 2025, Asei menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam Export Credit Forum - OECD yang diselenggarakan di Paris. Dalam forum ini, Asei hadir sebagai perwakilan Export Credit Agency (ECA).Keikutsertaan Asei dalam forum ini diharapkan semakin memperkuat posisinya di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, kehadiran Asei di forum OECD juga menunjukkan komitmen perusahaan untuk memperkuat perannya dalam ekosistem peningkatan ekspor nasional melalui pemberian proteksi kepada para eksportir.Sebagai entitas BUMN, Asei memperoleh dukungan penuh dari Induk Usaha yaitu PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) agar terus hadir memberikan kontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui berbagai inisiatif strategis dengan berkolaborasi bersama Institusi Pemerintah, Lembaga Keuangan, Asosiasi dan stakeholders lainnya.

Selengkapnya

> 2,534 19 Mar 2025
Penandatanganan MoU Antara Asei dan HIMKI

Penandatanganan MoU Antara Asei dan HIMKI

Asuransi Asei dan HIMKI resmi menandatangani MoU di IFEX, Kemayoran. Sinergi ini bertujuan untuk mendukung para eksportir Indonesia melalui sosialisasi, promosi, serta penguatan jejaring dan informasi ekspor.

Selengkapnya

> 2,382 07 Mar 2025
Partisipasi Asei dalam The 3rd Capacity-Building Programme Users of the OBIC

Partisipasi Asei dalam The 3rd Capacity-Building Programme Users of the OBIC

Jakarta, 18-20 Februari 2025 – PT Asuransi Asei Indonesia turut berkontribusi dalam The 3rd Capacity-Building Programme Users of the OBIC, sebuah program penguatan kapasitas yang berfokus pada "Role of Information Sharing and Business Intelligence in Supporting Trade and Investment Decisions". Acara ini menjadi wadah penting bagi para pelaku industri, regulator, dan akademisi dalam memperkuat ekosistem bisnis untuk mendukung keputusan perdagangan dan investasi.Sebagai perusahaan yang berperan dalam mendukung perdagangan dan investasi melalui asuransi, Asei memanfaatkan forum ini untuk memperkenalkan berbagai solusi perlindungan finansial, khususnya dalam sektor asuransi perdagangan, kredit, dan jaminan. Melalui diskusi panel, networking session, dan sharing knowledge, Asei turut mendorong kolaborasi lintas sektor guna menciptakan ekosistem bisnis yang lebih transparan dan berdaya saing.Dengan keikutsertaan dalam program ini, Asei semakin memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional serta memberikan solusi asuransi yang inovatif dan berbasis data untuk mendukung keputusan bisnis yang lebih strategis.

Selengkapnya

> 2,340 18 Feb 2025
“Asei dan IAMARSI Gelar Sosialisasi Asuransi Medikal Malapraktik dalam Seminar Casemix 2025”

“Asei dan IAMARSI Gelar Sosialisasi Asuransi Medikal Malapraktik dalam Seminar Casemix 2025”

Serang - Banten, 8 Februari 2025 – PT Asuransi Asei Indonesia (Asei) bersama Ikatan Ahli Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (IAMARSI) mengadakan Sosialisasi Produk Asuransi Medikal Malapraktik dalam seminar bertajuk “Tantangan dan Peluang dalam Penerapan Casemix Tahun 2025”. Acara ini berlangsung secara hybrid, dengan peserta luring sebanyak 60 anggota IAMARSI di Aula RS Budiasih Serang, serta peserta daring yang mencapai 300 orang, terdiri dari manajer hingga direksi rumah sakit di seluruh Indonesia. Acara ini turut dihadiri oleh Ketua Umum IAMARSI, dr. Hariyadi Wibowo, SH, MARS, serta Direktur Operasional & Pengembangan Bisnis  Asei, Agus Sulih Purwanto dan Pemaparan produk asuransi medikal malapraktik oleh Kepala Divisi Transformasi dan Inisiatif Strategi Asei, Wahyudin Rahman, Dalam diskusi yang berlangsung, dibahas pentingnya perlindungan asuransi medikal malapraktik bagi tenaga medis dan fasilitas kesehatan sebagai upaya mitigasi risiko dalam industri kesehatan yang semakin kompleks. Asuransi medikal malapraktik menjadi bagian penting dalam ekosistem perlindungan tenaga medis. Dengan adanya skema perlindungan yang tepat, rumah sakit dan tenaga kesehatan dapat menjalankan tugasnya dengan lebih aman dan professional. Melalui sosialisasi ini, Asei menegaskan komitmennya dalam menghadirkan solusi perlindungan asuransi yang optimal dan berkelanjutan bagi tenaga medis dan kesehatan di Indonesia. Ke depan, Asei dan IAMARSI berupaya memperkuat kerja sama guna membangun ekosistem perlindungan yang lebih kuat, sehingga tenaga medis dapat bekerja dengan tenang dan rumah sakit memiliki manajemen risiko yang lebih baik.

Selengkapnya

> 2,371 08 Feb 2025
“Asei Gelar RUPS RKAP 2025, Perkuat Strategi Keuangan Berkelanjutan”

“Asei Gelar RUPS RKAP 2025, Perkuat Strategi Keuangan Berkelanjutan”

PT Asuransi Asei Indonesia telah sukses melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2025. Dalam rapat ini, pemegang saham dan jajaran direksi bersama-sama merumuskan langkah strategis untuk memperkuat kinerja keuangan yang lebih solid dan berkelanjutan di tahun mendatang. Keberhasilan ini mencerminkan komitmen Asuransi Asei dalam menghadapi tantangan industri dengan inovasi dan strategi yang matang. Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan seluruh pemangku kepentingan—bersama Asei, kami siap melangkah menuju masa depan yang lebih kuat!

Selengkapnya

> 2,426 31 Jan 2025
“Rapat Kerja Strategi Komunikasi 2025: Indonesia Re Group”

“Rapat Kerja Strategi Komunikasi 2025: Indonesia Re Group”

Jakarta, Kamis, 23 Januari 2025. Rapat Kerja Strategi Komunikasi 2025 Indonesia Re Group  sukses digelar, Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan strategi komunikasi perusahaan dengan Asta Cita sebagai arahan Kementerian BUMN untuk mendukung visi besar Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045.Acara dibuka oleh Bapak Robbi Y. Walid, Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM, & Corporate Secretary Indonesia Re, dan pemaparan strategi komunikasi Kementerian BUMN dari Bapak Rachman Ferry Isfianto, Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Fasilitasi Dukungan Strategis Kementerian BUMN.Agenda lainnya mencakup pemaparan hasil Workshop Komunikasi Indonesia Re, strategi komunikasi dari PT Asuransi Asei Indonesia dan PT Reasuransi Syariah Indonesia, serta penyusunan strategi komunikasi yang terintegrasi untuk tahun 2025.Melalui kegiatan ini, Indonesia Re Group berkomitmen memperkuat perannya dalam mendukung transformasi BUMN demi mencapai Indonesia Emas 2045.

Selengkapnya

> 2,296 24 Jan 2025
“Rapat Kerja PT Asuransi Asei Indonesia Tahun 2025: Shifting Strategy for Exceed Next Level”

“Rapat Kerja PT Asuransi Asei Indonesia Tahun 2025: Shifting Strategy for Exceed Next Level”

Bogor, 16 Januari 2025 – PT Asuransi Asei Indonesia sukses menggelar Rapat Kerja (Raker) Tahun 2025 (16 – 18 Januari 2025) dengan tema "Shifting Strategy for Exceed Next Level". Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Utama Asei Dody AS. Dalimunthe bersama Direktur Operasional dan Pengembangan Bisnis, Agus Sulih Purwanto, serta Direktur SDM dan Manajemen Risiko, Novis AsriaHadir pula Direktur Utama PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) Benny Waworuntu selaku Pemegang Saham, dan juga Dewan Komisaris, Setiawan dan Rachman Notowibowo dengan Peserta yang hadir mencakup seluruh kepala divisi, pimpinan cabang dari seluruh Indonesia, serta kepala bagian di Kantor Pusat.Tema ini dipilih sebagai jawaban atas tantangan dan peluang yang semakin dinamis di industri asuransi. perubahan strategi menjadi langkah penting untuk memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dan relevansi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan nasabah.Asei berkomitmen untuk terus melayani nasabah dengan lebih baik, berinovasi dalam produk dan layanan, serta memperkuat kehadirannya di industri asuransi. Melalui strategi ini, Asei optimis mampu melampaui ekspektasi dan membawa perusahaan ke level berikutnya.

Selengkapnya

> 2,290 16 Jan 2025
“Asei Bersama Menteri Perdagangan RI Bahas Dukungan Asuransi Ekspor untuk Mendorong UMKM Go Global”

“Asei Bersama Menteri Perdagangan RI Bahas Dukungan Asuransi Ekspor untuk Mendorong UMKM Go Global”

PT Asuransi Asei Indonesia melakukukan Pertemuan dengan Menteri Perdagangan RI, Jakarta, Kamis( 9 Januari). Pertemuan yang hangat ini dihadiri oleh Menteri Perdagangan RI, Budi Santoso, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Mardyana Listyowati, dan Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Arief Wibisono. Dari Asei hadir Direktur Utama, Dody AS. Dalimunthe dan Direktur Operasional & Pengembangan Bisnis Agus Sulih Purwanto, bersama jajaran di Asuransi Asei, Ibu Mutia Safitri, Bapak Wahyudin Rahman dan Bapak Agung Budi Setiawan.Pertemuan ini membahas pentingnya peran asuransi ekspor dalam memitigasi risiko dalam transaksi perdagangan internasional, terutama bagi para pelaku UMKM ekspor. Mendag menekankan bahwa produk asuransi seperti yang ditawarkan Asei mampu memberikan perlindungan dan rasa aman bagi para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis ekspor.Asei sebagai Export Credit Agency (ECA) Indonesia terus hadir dan aktif melibatkan UMKM dalam ekosistem peningkatan ekspor nasional melalui dukungan layanan proteksi asuransi untuk menjaga keberlangsungan usaha mereka dari potensi risiko kegagalan ekspor dan semakin go global.#GoExport#Ekspor

Selengkapnya

> 1,920 09 Jan 2025